PETUGAS TEMUKAN HARGA KEBUTUHAN POKOK LEBIHI HET

Menjelang natal dan tahun baru tim gabungan Kepolisian Resort Jombang bersama bagian perekonomian Pemkab Jombang menggelar sidak ke sejumlah pasar tradisional. Hasilnya petugas menemukan penjualan harga kebutuhan pokok melebihi harga eceran tertinggi.

Jombang – Petugas gabungan ini langsung menyasar ke lokasi pasar beras yang ada di Pasar Citra Niaga Jombang. Dari sidak ini, tim gabungan dari kepolisian dan tim perekonomian Pemkab ini menemukan beras dijual di atas harga eceran tertinggi.

Beras jenis medium yang seharusnya paling mahal 9.450 rupiah, dijual dengan harga eceran 9.800 perkilogram. Sedang untuk jenis premium dari harga 12.800 perkilogram masih dijual sesuai dengan ketentuan.

“ Untuk pedagang berasyang menjual di atas HET ini berdalih harga pembeliannya sudah tinggi. Sehingga pihaknya terpaksa menjual di atas HET. Petugas berjanji akan menelusuri peredaran beras yang menyebabkan harga tinggi di tingkat pasar “, ujar AKBP Agung Marlianto Kapolres Jombang.

Selain menemukan beras dijual di atas HET , petugas juga menemukan barang kadaluarsa yang dijual dengan memberikan diskon. Operasi kali ini digelar sebagai bentuk pencegahan namun jika nanti kembali terulang aksi nakal pedagang, maka petugas akan memberikan saksi sesuai dengan  UU Pangan yang berlaku. (rs/in)






Comments are Closed