SMART CHOICE TO SMART CHILDREN “ BELAJAR MENYENANGKAN DENGAN ALAT BANTU AJAR MATEMATIKA “

Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini dituntut unntuk bisa bersaing dengan gadget dan kenyamanan menggunakannya. Betapa tidak, gadget telah sukses menyita sekian banyak waktu anak – anak bahkan dari waktu belajarnya. Hal inilah yang melucut sejumlah mahasiswa Universitas Muhammasiyah Surabaya dalam menciptakan alat bantu ajar mata pelajaran matematika sehingga siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan.

 

Surabaya – Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini dituntut untuk bisa bersaing dengan gadget dan kenyamanan menggunakannya. Betapa tidak, gadget telah sukses menyita sekian banyak waktu anak – anak bahkan dari waktu belajarnya. Metode pembelajaran yang biasa dna monoton justru tidak membantu siswa dalam berkonsentrasi dengan baik bahkan sebaliknya siswa bisa saja antipasti. Bagi sebagian besar siswa, matematika misalnya menjadi momok yang enggan dipelajari bahkan cenderung dihindari.

 

Melihat kondisi ini, sejumlah mahasiswa prodi pendidikan matematika Unmuh Suarabaya, membuat inoovasi agar matematika menajdi pelajaran yang menyenangka. Inovasi yang dibuat meliputi alat bantu ajar berupa alat peraga dengan metode cukup menyenangkan. Alat peraga yang dibuat diantaranya Doratic atau Doodle Train Mathematic, Kotamat (Kotak Matematika), kurung sakti, smart turtle, papin aliabar, meikata dan lain – lain.

 

Alat peraga i\itupun diuji coba di Sekola Dasar Muhammadiyah 18 Surabaya. Dari hasil sementara uji coba alat peraga tersebut.

 

“ Jadi lebih gampang mempelajari deretan angka dan rumus sederhana matematika “, ujar Bunga salah satu siswa.

 

“ Ya semoga dengan alat peraga ini, diharapkan mampu menjadi salah satu cara para siswa Sekolah Dasar lebih menyukai mata pelajaran matematika dengan metode yang lebih menyenangkan “, ungkap Gala Eksotika selaku mahasiswa. (el/in)






Comments are Closed