DOKTER CILIK PERIKSA RATUSAN SISWA SD

Mengantisipasi wabah Difteri di lingkungan sekolah, sejumlah dokter cilik kader unit kesehatan sekolah di kawasan kenjeran, melakukan pemeriksaan kepada ratusan siswa sekolah dasar. Pemeriksaan yang dilakukan ini merupakan pemeriksaan awal dengan menerima keluhan, mengukur suhu dan melihat kondisi tenggorokan.

 

Surabaya – Sebagai antisipasi atau pencegahan penyakit difteri yang mewabah di Jawa Timur, tertama Surabaya, Sekolah Dasar Al-Muttaqien mengadakan pemerikssaan awal ke 544 siswanya. Menariknya, pemeriksaan awal ini dilakukan oleh sejumlah dokter cilik dari unit kesehatan sekolah.

“ Kami dokter cilik ini sudah dilatih dan diberikan pengetahuan dasar tentang gejala – gejala wabah difteri. Gejala – gejala difteri yang pertama itu ada warna abu – abu di tenggorokan atau amandel, terus terjadi demam hingga penderita mengalami menggigil dan sulit bernapas. Penderita kemudian akan mengalami pembengkakan kelenjar limfe atau getah bening di tenggorokan dan pilek akut “, ungkap Naura selaku dokter cilik.

“ Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi asanya wabah difteri di lingkungan sekolah, terutama mejelang masa liburan. Diharapkan, para siswa ini mendapatkan pengetahuan gejala dan pencegahan wabah difteri yang merupakan penyakit yang berbahaya “, ujar Yoyok Arianto selaku Kepala Sekolah Dasar Al- Muttaqin.(el/in)






Comments are Closed