LONGSOR ANCAM PEMUKIMAN SEKITAR ALIRAN SUNGAI

Magetan – Sejumlah petugas yang dating dari kantor BPBD Magetan melakukan pegecekan ke lokasi sungai kali Gandong, yang saat ini masuk dalam zona merah atau zona terjadi bencana alam berupa tanah longsor. Pasca terjadinya hujan deraass dalam sepekan kemarin bagi warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai kali Gandong harus meningkatkan kewaspadaan.

 

Terdapat puluhan rumah warga yang bermukim di sepanjang aliran sungai kali Gandong yang membelah jantung kota Magetan terancam longsor. Puluhan rimah ini sudah berada dalam titik tidak aman karena dari jaraknya tebing sungai yang sudah dekat dengan bangunan warga.

“ Saya khawatir ketika hujan turun karena sungai kali ganding di saat hujan turun selalu terjadi banjir besar yang menimbulkan keretakan pada tanah hingga terjadi longsoran ”, ujar Erik salah satu warga yang rumahnya sudah nyaris retak dan longsor.

 

 

“ Memang ancaman bencana tanah longsor juga akan terjadi di wilayah perkotaan Magetan. Untuk itu kami himbau bagi warga di sepanjang aliran sungai ini agar tidak membuang sampah secara sembarangan dann selalu wasapada di saat hujan turun “, ungkap Gatot Purwanto selaku Kabid Rehabilitas dan Rekontruksi BPBD Magetan. (jp/in)






Comments are Closed