KOLEKTOR ACTION FIGURE, KOLEKSI BONEKA FILM KARTUN HINGGA RIBUAN

Kolektor barang antik ataupun benda pusaka sudah lumrah dilakukan penggemarnya. Namun kolektor boneka tokoh film kartun atau disebut action figure seperti yang ditekuni warga Jombang, Jawa Timur masih jarang dijumpai. Karena lama dan ketekunannya, kolektor tersebut mampu mengoleksi action figure hingga ribuan.

 

Jombang – Ribuan boneka yang dipajang dan disimpan di salahsatu ruangan warga Jaan Halmahera, kelurahan Kaliwungu , Kecamatan Jombang inni bukan tanpa arti. Sebab boneka dengan jenis lebih dari 2000 buah ini semuanya merupakan tokkoh dalam film kartun yang telah popular selama lebih 30 tahun.

pemilik boneka sengaja mengoleksi boneka action figure dengan berbagai bentuk dan jenis sejak tahun 1980 silam. Bagi siapapu yang tidak memahami dan tidak pernah menyukai film kartun yang popular melalui penayangan televisi maupun compact disc tentu juga tidak mengagumi action figure ini.

 

“ Namun orang dewasa bahkan orang tua yang pernah menyukai film – film kartun terpopuler dipastikan akan menggugah kenangan pada saat kanak – kanak masa lalu. Sehingga memberi penilaian tersendiri atas jasa kolektor action figure yang dengan sabar merawat tokoh dalam film kartun terkenal tersebut “, ujar Hermawan Oktopriyono selaku kolektor action figure.

meski dikoleksi selama bertahun – tahun boneka action figure yang dikoleksi Oktopriyono bisa dibeli penggemar lain. Namun action figure tertentu segaja tidak dijual karena untuk mendapatkannya butuh waktu dan penyisiran di tengah masyarakat.

 

Mengenai harga bisa bernegosiasi. Sebab yang termurah hanya berkisar 5.000 rupiah. Namun yang termahal bisa tembus 5.000.000 rupiah sesuai dengan tingkat kelangkaannya. Action figure yang disimpan di ruang kolektor ini usianya antara 4 hingga lebih dari 40 tahun. (rs/in)






Comments are Closed