LOUHAN BAWA HOKI BAGI PARA PEMBIAK

Bagi anda pecinta ikan, pasinya kenal dengan ikan sati ini. Berdahi menonjol dan memiliki sisik yang khas dengan tanda seperti tulisan, kerap jadi incaran kolektor louhan pada musimnya. Konon, ikan asal negeri jiran ini punya mitos pembawa kebruntungan bagi para pembiaknya. Salah satunya pembbiah louhan asal Surabaya yang kebanjiran orderan tiap bulannya.

 

 

Surabaya – Flowerhorn atau yang dikenal dengan nama ikan louhan, merupakan ikan hias yang terenal di Indonesia maupun negara lainnya. Ikan yang sangat khas dengan dahi yang menonjol, earha yang cerah dan beberapa ada yang bertuliskan huruf ataupun angka disisiknya ini sangat istimewa di mata para pembiaknya. Salah satu pembudidaya ikan louhan di Surabaya Erick, mulai tertarik sejak 3 tahun silam dengan ikan unik ini. Koleksi ikannya sudah mencapai hingga ribuan ekor dari beberapa jenis yang terkenal. Mulai dari jenis SRD, Free Marking, Golden Base, Bonsai, Ching Hwa, Kamfa, dan Cencu.

 

Banyak yang percaya bahwa ikan louhan mampu membawa keberuntungan bagi para pemiliknya. Namun bagi Erick, itu hanya sebuah mitos yang boleh di percaya atau tidak. Hanya saja ia percaya jika ikan louhan membawa keberuntungan karena keindahannya mampu memikat kolektor ikan louhan dari penjuru mancanegara.

 

Kualitas ikan biakannya tidak diragukan lagi. Erick selalu menjaga pola makan ikan dan mengontrol tangki tiap harinya. Dan hasilnya ikan louhan biakannya selalu diburu kolektor dari dalam maupun luar negeri. Tiap bulannya Erick bisa mengirim ordera ikan hiasnya minmal 150 ekor ikan.

“ Untuk satu ekor ikan berkualias bisa di bandrol mulai harga 500.000 rupiah. Berbeda dengan ikan louhan lainnya, jenis Kamfa yang berkualitas dan diburu kolektor harganya bisa mencapai lebih dari 40.000.000 rupiah “, ungkap Erick. (ma/in)






Comments are Closed