WAYANG BERLAPIS EMAS PIKAT KOLEKTOR MANCANEGARA

Kreatifitas yang dimiliki pengrajin wayang kulit asal Kabupaten Ponorogo patut diacungi jempol. Ini menyusul, hasil kreatifitasnya yang mampu memikat para kolektor wayang kulit bahkan dari mancanegara pun banyak memesan wayang kulit.

 

 

 

 

Ponorogo – Di rumahnya yang sederhana Isyanto, seorang pengrajin wayang kulit warga KElurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kebupaten Ponorogo ini, ia terus berkreatifitas membuat wayang kulit. Hampir setiap hari bapak lima anak ini bekerja membuat wayang kulit berbagai tokoh pewayangan, mulai dari tokoh wayang kurawa hingga tokoh wayang pandawa.

 

Semenjak berkembangnya zaman modern seperti saat ini, para peminat wayang kulit atau kolektor wayang kulit mulai redup, sehingga penghasilan Isyanto dari hasil membuat wayang kulit sedikit berkurang. Agar para pecinta wayang kulit terus menggandrungi wayang, bapak berusia 60 tahun ini terus mengsah otaknya dan berkreatifitas yang lebih modern lagi.

 

Isyanto merupakan salah satu pengrajin wayang kulit di Ponorogo ini mempunyai ide, yakni membuat wayang kulit berlapis emas. Alhasil wayang kulit berlapis emas buatannya tersebut digandrungi para kolektor, tak tanggung – tanggung para kolektor yang menyukai hasil kreatifitasnya merambah ke mancanegara terutama cina dan masih banyak Negara lainny.

 

Sementara harganya cukup relative murah yakni mulai dari 1,5 juta rupiah hingga 10 juta rupiah, tergantung paada bahan wayang kulit dan tingkat kesulitan proses pengerjaannya. Sedangkan proses pembuatan wayang kulit berlapis emas ini, Isyanto mengaku membutuhkan waktu yang lama dari 10 hari hngga 15 hari untuk satu wayang kulit berlapis emas.

“ Selain membuat wayang kulit berlapis emas, saya juga membuat wayang kulit khusus untuk pedalangan. Saya membandrol dengan harga wayang kulit pedalangan mulai dari 500 ribu rupiah sampai 3,5 juta rupiah “, ungkap Isyanto.

selain membuat wayang kulit untuk pendalangan dan wayang kulit berlapis emas, Isyanto juga menerima pesanan membuat wayang kulit hias yang berukuran besar dengan bahan baku kulit kerbau. Untuk prosesnya pun ia membutuhkan lebih dari satu bulan dan ia banderol harga mencapai puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. (su/in)






Comments are Closed