TNI GELAR SIMULASI PENANGANAN BENCANA BANJIR

Bencana banjir yang telah melanda sejumlah daerah juga terjadi di Jombang, Jawa Timur mengakibatkan dua warga mennggal karena terseret banjir dan belasan lainnya luka – luka tertimpa pepohonan dan bangunan. Hal inilah TNI turun tangan untuk member bantun kepada warga. Peristiwa tersebut bagian dari simulasi tanggap banjir yang digelar KOREM 082 Citra Panca Yudha Jaya.

 

 

Jombang – Karena hujan deras, sejumlah sungai di Jombang meluap dan terjadi banjir bandang. Akibatnya warga Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung yang menjadi langganan banjir berusaha meninggalkan rumahnya yang terendam. Beruntung pasukan TNI telah disiagakan di wilayah Kecamatan Mojoagung.

 

Puluhan personel TNI dariKOREM 082 CPYJ, k=Kodim 0815 Mojokerto, dan Kodim 0814 Jombang segera diturunkan ke lokasi bencana. Warga yang telah panic untuk menyelamatkan diri, dievakuasi menggunakan truk TNI menuju tempat yang aman.

 

Sementara personel TNI, POLRI, Relawan benacana dan Tagana melakukan evakuasi pada sejumlah korban. Sebab setelah banjir bandang surut ditemukan dua korban meninggal akibat terseret banjir dan belasan warga luka – luka setelah tertimpa pepohonan dan bangunan.

 

“ Peristiwa ini merupakan bagian dari skenario simulasi penanganan banjir yang digelar KOREM 082 Citra Panca Yudha Jaya. Tujuan simulasi untuk mensinergikan antara instansi dan stakeholder dan relawan yang bertugas ataupun peduli terhadap bencana banjir. Sehingga terbentuk satu komando dalam penanganan banjir yang terjadi “, ujar Kol (Kav) Gathut Setyo Utomo selaku Danrem 082 Citra Panca Yudha Jaya.
Dikarenakan Desa Kademangan merupakan salah satu desa langganan banjir , usai simulasi satu pleton personel TNI disiagakan di desa ini. Penempatan personel TNI baruakan berakhir setelah kondisi benar – benar dinyatakan aman dari ancaman banjir. (rs/in)






Comments are Closed