ANTISIPASI BANJIR DI MUSIM HUJAN, RISMA SIDAK DRAINASE DI SURABAYA

Surabaya – Guna mengantisipasi curah hujan yang tinggi dan datangnya ancaman banjir, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, blusukan ke sejumlah kawasan yang berpotensi menjadi faktor banjir Kota Surabaya, Senin (13/11/2017).

 

Beberapa lokasi yang disidak adalah kawasan frontage road sisi barat Jalan Ahmad Yani Surabaya, yang kini tengah dibangun proyek Box Culvert atau saluran dibawah pedestrian. Risma melakukan sidak mulai dari kawasan Bundaran Dolog, hingga depan Rumah Sakit Islam Wonokromo. Pembangunan Box Culvert dan saluran ditengah Jalan Ahmad Yani ini berfungsi untuk menampung air yang biasanya menggenangi sejumlah kawasan seperti Menanggal, Gayungan, dan Ketintang. Nantinya air hujan yang tertampung disaluran akan diarahkan ke rumah pompa.

 

Selain meninjau Box Culvert, Risma juga meninjau kesiapan rumah pompa. Saat ini, ada sebanyak 55 rumah pompa yang dimiliki oleh pemerintah Kota Surabaya, dan dipastikan bisa berfungsi secara maksimal pada saat musim penghujan tiba. Bahkan untuk enam rumah pompa diantaranya, pemerintah Kota Surabaya telah menambah kapasitas pompa, dari 1,5 m³ kini menjadi 3 m³ untuk mendorong aliran sungai pada musim penghujan.

 

Sementara untuk penanggulangan banjir kawasan Surabaya Barat, yakni di Kelurahan Sumber Rejo dan Kecamatan Pakal, Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat ini tengah mendorong percepatan pembangunan tanggul laut di Kali Lamong. Tanggul laut ini memiliki tinggi kurang lebih 7m dengan lebar 3m. Tanggul laut ini berfungsi untuk membendung luapan Kali Among dan banjir rob yang biasanya menggenangi rumah warga di beberapa kawasan Kecamatan Pakal Surabaya. (na/in)






Comments are Closed