PROGRAM TANI BOLO ATASI MASALAH PARA PETANI NGANJUK

Nganjuk – Selama bertahun – tahun, petani mengalami permasalahan klasik yang mendera masalah permodalan, kebutuhan pra tanam seperti bibit, pupuk, dan obat – obatan. Hingga ketika terserang hama dan harga yang anjlok. Suryo Alam, salah satu anggota DPR RI yang kini maju dalam bursa PILKADA Nganjuk menelurkan program kemandirian petani.

 

Program yang disebutkan mengentaskan permasalahan petani secara umum, di Launching di Posko Bolo Suryo, Jalan Mastrib Kota Nganjuk. Launching program kemitraan dihadiri langsung oleh PLT Bupati Nganjuk, Abdul Wakhid Badrus.

 

“ Saya mendukung penuh program yang diinisatori Suryo Alam karena dengan progran semacam ini, diharapkan petani tidak terpuruk dengan permasalahan yang ada “, ujar Abdul Wakhid Badrus selaku PLT Bupati Nganjuk.

 

“ Program ini kedepan akan menjadi pioner untuk seluruh petani di Nganjuk, permasalahan petani baik dari permodalan akan di cukupi di sini secara umum. Skemanya petani cukup mengajukan di kemitraan Bolo Suryo, tanpa jaminan apapun, selanjutnya petani akan diberikan kebutuhan seperti bibit, pupuk, dan obat – obatan yang diperlukan selama satu kali musim tanam “, ungkap Suryo Alam.

 

“ Untuk menunjang garap lahan, petani akan mendapatkan bantuan uang Rp. 2.000.000; selama 4 bulan atau sekali musim tanam, uang tersebut digunakan untuk membiayai garap lahan seperti tenaga untuk semprot, pengarian, dan lain lain. Jika gagal panen, akan ada asuransi gagal panen yang mengcover. Dengan cara ini, petani tidak lagi kebingungan dengan hal – hal yang selama ini menjadi polemiknya “, tambah Suryo.

 

“ Program kemandirian ini, begitu menguntungkan para petani karena dapat menuntaskan permasalahan yang dihadapi para petani “, ungkap Muhammad Mubasir salah satu petani.

 

Target awal, pada kemitraan petani ini akan menyerap 1000Ha serta akan menjalin kemitraan selama 3 tahun atau jika dalam 1 tahun ada 3 kali musim tanam, petani dalam tahap awal ini akan bermitra selama 9 kali musim tanam. (ap/in)






Comments are Closed