CERITA MALING GENTIRI MULAI DIGAUNGKAN LAGI

Kediri – Cerita rakyat yang turun temurun dan menjadi dongeng sebelum tidur, belakangan ini mulai terkikis seiring kemajuan teknologi yang kian deras. Terkait hal itu sederetan penulis yang berkolaborasi dengan perpustakaan Kediri berupaya membangkitkan cerita dalam bentuk tulisan dan membukukannya. Tulisan dan cetakan tersebut kini sudah tuntas dan melakukan bedah buku dengan para pelajar maupun para pakar ilmu pengetahuan di Kota Kediri. Harapannya, ada masukan maupun tambahan khazanah keilmuan sehingga dalam cetakan berikutnya konten buku tersebut semakin padat.

“ Pihaknya cukup mengapresiasi adanya bedah buku tersebut. Selama ini banyak cerita rakyat yang mengandung inspirasi positif, namun penyebar luasannya hanya dari mulut ke mulut. Dengan adanya penulisan ini maka bisa menjadi literasi para pelajar untuk mengenang cerita rakyat “, ujar Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Kediri Dewi Sartika.

Dalam kegiatan ini juga menampilkan beberapa drama tentang penderitaan zaman dahulu dan kiprah Maling Gentiri dalam menolong rakyat.

Konon sesuai cerita zaman dahulu, Maling Gentiri merupakan sosok pemcuri budiman di zaman kediri kuno yang mempunyai kesaktian luar biasa. Tapi karir Maling Gentiri dibidang mencuri, bukan semata – mata demi kepentingannya sendiri, melainkan hasilnya dibagikan pada warga miskin. Ia merampok harta orang kaya atau hasil jarahan penjajah lalu diberikan pada orang miskin. (rr/in)






Comments are Closed