DISTAN KEMBANGKAN PENANAMAN PADI ORGANIK

Banyuwangi – Setelah menjadi lumbung pangan nasional, rupanya Kabupaten Banyuwangi terus memacu prestasinya di dunia pertanian. Kali ini Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, terus melakukan perluasan lahan penanaman padi organik di wilayahnya.

“ Dari sebelumnya dua kecamatan yang melakukan penanaman padi organik, kini meningkat menjadi tujuh kecamatan dengan masing – masing luas lahan per/kecamatan mencapai 2 ha “, ujar Arif Setyawan selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi.

Ditambah lagi harga padi organik yang bisa dibilang menggiurkan, dari Rp. 35.000; hingga Rp.100.000;/kg. Dipastikan petani akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda jika dibandingkan dengan menanam padi lokal. Dari hasil produksi yang mencapai 6 ton/ha, dipastikan dalam tahun ini akan bertambah menjadi 840 ton per panen.

“ Disisi lain ketergantungan petani di Banyuwangi terhadap tanam padi lokal pun masih marak, pasalnya pada organik dinilai susah cara menanamnya karena rentan terserang penyakit atau hama “, ujar Saberi salah seorang petani banyuwangi

Perlu diketahui padi organik produksi petani banyuwangi rupanya sudah merambah ke luar negeri ,yakni Cina, Eropa, dan Amerika. Sayangnya pengekspor masih dilakukan kabupaten tetangga, karena petani banyuwangi belum memiliki sertifikat ekspor padi organik. (pr/in)






Comments are Closed