E-RETRIBUSI ALAT TRANSAKSI DAGANG BARU

Pemkab Banyuwangi tetapkan E-retribusi Pasar sebagai Alat pembayaran. Saat ini pemkab bekerja sama dengan Perusahaan perbankan melauching E-Retribusi Pasar. Adanya program ini agar menghindari pungli-pugli yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Selain itu keuntungan menggunakan E-retribusi Pasar ialah Memberikan kemudahan kredit tanpa jaminan terhap pedagang. Pemilik e-retrebusi dalam bentuk kartu mirip ATM  berfusngi bermacam-macam. Kartu tersebut juga dapat untuk membayar jalan tol dan pembayaran pelayanan yang terintegrasi dengan perusahaan perbangkan tersebut. Khusus di pasar Banyuwangi dari jumlah 900 pedagang di hari launching ini sebanyak 600 pedagang sudah mendapatkan kartu e-retrebusi pasar dan buku rekening.

 

Tak jarang bagi pedagang yang belum mendaftar masih menggunakan metode konvensional yakni ditarik secara tunai oleh petugas pasar. Program ini diluncurkan guna mempercepat pendataan retrebusi pasar lebih transfaran dengan pendapatan retribusi dan menghindari menghindari adanya pungli pada sistem penarikan retrebusi pemerintah kabupaten banyuwangi. Perusahan perbankan juga memberikan berbagai kemudahan bagi pemegang kartu e-retrebusi. Dimana jika pedagang disiplin membayar retrebusi menggunakan kartu ini mereka akan diberi pinjaman tanpa jaminan.

 

 

DARI BANYUWANGI-PENDIK RIYATNO






Comments are Closed