Segarnya Asem-asem Balungan

Cuaca panas terkadang membuat suasana hati tidak stabil, terlebih bagi mereka yang bekerja dengan tekanan tinggi. Bekerja dengan sistem target juga akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh dan suasana hati. Dengan mengkonsumsi makanan yang segar dapat menstabilkan suana hati dan meningkatkan kebugaran tubuh. Makanan asem-asem balungan bisa menjadi solusi bagi anda saat ini. Pemilik Usaha kuliner Asem-asem Balungan Di Jombang memiliki banyak penggemar. Makanan yang asam dan pedas ini merupakan tempat kuliner favorit masyarakat Jombang.

Pada saat jam makan siang banyak pelanggan yang membajiri rumah makan ini. Mereka memburu makanan tersebut karena jarang di jumpai di tempat lain. Selain itu asem balungan juga ditemani dengan tulang sapi yang dibalut oleh sedikit daging empuk dan gurih. Tulang Sapi yang dimakan lebih nikmat jika menggunakan tangan.

Asem-asem balungan merupakan makanan yang tidak terlalu sulit membuatnya dengan bahan utama Tulang sapi dengan terbalut daging. Cara memasaknya yaitu dengan memotong tulang sapi dan direbus hingga lebih lunak. Bumbu yang harus disiapkan ialah cabai, bawang merah, bawang putih, dan yang terpenting asem jawa serta blimbing wuluh. Bahan tersebut melainkan dipotong kecil-kecil kemudian digoreng tanpa minyak.

Setelah tulang sapi masak bumbu dicampurkan sambil dipanaskan hingga mendidih. Agar citarasa bumbu merasuk hingga ke dalam tulang didiamkan untuk beberapa saat di atas panas api barulah asem-asem balungan siap dihidangkan.

Salah satu penggemar asam balungan Dian Rahma yang mengaku sangat menikmati hidangan tersebut. Penyajian masakan ini menjadi lebih menggiurkan, karena tidak menggunakan mangkuk melainkan menggunakan tempurung kelapa biasa.

Pemilik usaha Eni Herawati ini sengaja menghadirkan asem asem balungan untuk menu alternatif. Apalagi di jombang menu sejenis masih jarang. Cuaca panas tampaknya menjadikan penikmat asem asem balungan merasakan sensasi kesegaran tersendiri.

Selain asem-asem di rumah makan ini juga melayani berbagai masakan khas jawa lainnya. Seperti nasi lodeh pembeli tinggal pilih sayuran yang disukai. Seperti lodeh bambu muda, nangka muda, jantung pisan, ataupun sayuran lainnya. Anda penasaran silahkan mencoba kesegaran asem-asem balungan di warung yang buka pagi hingga malam ini.

JOMBANG-RONY SUHARTOMO
Editor: IMK






Comments are Closed