Komite DPD RI Nilai Reforma Agraria Sulit Terealisasi

Kunjungan komite DPD RI ke Wilayah Jawa tTimur tidak lain ialah melakuian pengawasan terkait Reforma Agraria. Namun program presiden RI tersebut diperkirakan akan gagal untulk di realisasikan. Dalam memperingati 3 tahun kepemimpinan Jokowi Dodo terdapat agenda rutin yaitu kunjungan kerja di berbagai provinsi. Kunujungan rutin tersebut dihadiri beberapa perangkat diantaranaya Sekretaris Daerah, Badan Pertahanan Nasional, Kementrian Lingkungan Hidup, dan juga Menteri Kehutanan.

 

 

Salah satu fungsi dari Komite I DPD RI adalah mengawasi terhadap Reforma Agraria khususnya terkait legalisasi aset dan redistribusi lahan dan salah satunya di Provinsi Jawa Timur.  Namun setelah melihat fakta di lapangan pihak pengawas memprediksi bahwa program redistribusi lahan oleh pemerintahan Jokowi akan sulit untuk direalisasikan, alasan tersebut diperkuat  karena saat di mintain kejelasan akan program tersebut  kepada pihak Agraria , belum jelas letak tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang akan digunakan sebagai program ini. Bahkan dari target 9,4 juta hektar lahan kini baru 300 ribu hektar saja yang telah dibagikan kepada rakyat.

 

Namun dalam acara kunjungan DPD RI menyarankan adanya koordinasi dari berbagai elemen pemerintahan seperti Kementrian Lingkungan Hidup, dan juga Menteri Kehutanan dalam mensukseskan program reforma agraria  dalam masa kepemimpinan Jokowi Dodo yang akan selesai pada 2 tahun mendatang.






Comments are Closed