MAHASISWA UMSIDA TEMUKAN ALAT DETEKSI SAMPAH

 

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhamadiyah Sidoarjo menemukan alat pendeteksi sampah yang berguna membantu petugas sampah atau dinas kebersihan. Dengan alat ini penanganan pengangkutan sampah akan lebih mudah dan cepat sehingga bisa menciptakan kota bersih dan sehat.

 

Alat  temuan Mahasiswa Teknik Informatika Umsida Sidoarjo ini diberi nama Tongs kepanjangan dari Trash On Noun Go Clean Sidoarjo. Sesuai namanya alat ini untuk menciptakan Kota Sidoarjo bersih dari sampah. Alat sederhana ini dilengkapi sensor yang bisa mendeteksi bau dan ketinggian tumpukan sampah. Sementara untuk tenaga alat ini menggunakan panel solar memanfaatkan tenaga matahari.

 

Alat ini selanjutnya dipasang di bak sampah di tempat-tempat penampungan sementara. Selanjutnya alat ini bisa mengirimkan laporan atau data ke komputer pusat terkait titik tempat penampungan sementara sampah yang baunya menyengat maupun yang sudah overload.

 

Dengan alat ini tentunya akan mempercepat petugas sampah atau Dinas Kebersihan untuk mengangkut sampah dari tempat penampungan sementara ke tempat pembuangan akhir. Sebab petugas bisa langsung mengetahui titik-titik tempat penampungan sementara mana yang sampahnya perlu segera diangkut. Alat Tongs ini menjadi finalis dalam kompetisi hasil penemuan Mahasiswa yang diadakan Institut Teknologi Telkom Bandung.

 

 

SIDOARJO  ROGHIB AL ANSHORI

Editor YSN






Comments are Closed