Kochi Sang Biawak Jinak

Varanus Salvator Bivittatus atau spesies biawak terkadang masih ditakuti oleh sebagian orang, namun tahukah kalian hewan tersebut dapat dijinakkan. Terlebih dengan panjang yang mencapai 2 meter dalam kesehariannya sangat senang jika berinteraksi ke mall dan ruang terbuka lainnya. Kochi ialah nama yang diberikan sang penjinak kepada hewan rawa.

 

Hewan rawa ini berusia 5 tahun ini memiliki postur tubuh yang proposional dan dijuluki raksasa karena memiliki panjang dari kepala sampai ekor hampir 2 meter dan berat 17 kg. Harvey Lienardo pengembang biak salvator atau biawak sejak 10 tahun terakhir. Kecintaannya terhadap salvator menuntutnya untuk fokus merawat hingga mencapai puluhan jenis salvator.

 

Namun untuk saat ini kochi yang paling special. Selain karena dirawat dari tetasan telur hingga menghasilkan bibit-bibit kochi lainnya. Kochi dinilai paling jinak dan suka diajak jalan-jalan seperti yang nampak pada pameran hewan disalah satu pusat perbelanjaan di surabaya ini. Kochi lebih suka bereksplorasi dibandingkan digendong Harvey.

 

Perawatan biawak cukup mudah, memberi makan 5 kepala ayam kampung tiap seminggu sekali. Untuk seukuran bayi salvator cukup diberi mencit atau anak tikus seminggu sekali. Selain pemberian pakan rutin habitat atau kandang yang layak juga perlu diperhatiakan. Minimal diletakkan dihalaman dan disediakan bak berisi air untuk berendam. Jika perlu diberikan batang pohon atau kayu untuk arena memanjat dan berjemur.

 

 

SURABAYA MAYA AYU
Editor: IMK






Comments are Closed