Berikut 6 Bahan Dapur Hilangkan Noda Jerawat

Jerawat adalah musuh utama bagi para wanita maupun pria. Namun seringkali mereka sangat tidak sabar menunggu sang mahluk ini untuk menetaskan diri. Jalan pintaspun diambil dengan memecahkan jerawat agar tidak timbul. Hal tersebut berakibat dengan munculnya jerawat baru ataupun meninggal kan bekas hitam yang sangat tidak sedap dipandang mata.

Berbeda lagi jika kalian harus menghilangkan jerawat tersebut secara cepat maka harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Tapi janganlah khawatir, ada cara lain bagi kalian yang ingin kulit lebih cerah namun tanpa mengeluarkan biaya yang fantastis.

Cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga membuat kulit kalian aman tanpa takut efek samping yang ditimbulkan, perawatan yang digunakan secara rutin mampu menghasilkan perubahan yang maksimal. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan bahan alami.

 

Picture source by www.rodalesorganiclife.com

1. Lemon

Lemon dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru. Lemon juga sangat efektif mencerahkan kulit wajah. Pertama – tama Siapkan satu buah lemon kemudian potong menjadi dua bagian lalu peras hingga bulir pada lemon mengeluarkan cairan. Oleskan cairan yang telah diperas kepada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama ±15 menit, kemudian bilas dengan air dingin lalu keringkan.

 

Picture Source by www.hipwee.com

2. Es Batu

Es batu merupakan salah satu cara menghilangkan dan juga mengempiskan jerawat secara alami. Bagi kalian yang sedang tumbuh jerawat dapat menggunakan cara ini. Caranya masukkan potongan es kecil atau potongan es balok yang berdiameter 5 cm, lalu masukkan kedalam plastik. Sebelum di komres menggunakan es batu ada kalanya wajah dibersihkan dulu menggunakan sabun muka yang biasa dipakai akar terbebas dari minyak dan debu yang menempel.

Hal ini tidak baik ketika posisi wajahnyang masih kotor di kompres sehingga dapat menciptakan kuman yang baru dan membekunya minyak pada wajah. Hal ini akan menyebabnya pertumbuhan jerawat baru. Jadi disarankan untuk membersihkan muka terlebih dahulu. Lalu kompres wajah yang berjerawat.
Hal yang sama dilakukan ketika mengkompres jerawat yang berbekas selama beberapa detik. Lakukanlah selama 3 kali selama sehari. Disarankan menggunakan air rendaman teh hijau untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah.

 

Picture source by familinia.com

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang dapat dikonsumsi sebagai nanta de choco, dan juga dapat digunakan sebagai masker rambut agar lebih lebat. Namun yang terbaru ialah dapat digunakan sebagai masker wajah.

Caranya dengan mengambil potongan buah lidah buaya menjadi dua bagian. Kemudian kupas kulitnya dan pisahkan daging lidah buaya. Setelah itu haluskan daging lidah buaya hingga halus. Lalu oleskan daging lidah buaya yang sudah halus pada wajah selama ±15 menit dan bilas dengan air hangat. Keringkan dengan tishu kering yang steril. Agar hasil lebih maksimal lakukan perawatan tersebut selama dua kali selama sebulan.

 

source by www.bawangputih.org

4. Bawang Putih

Kita mengenal bahwa hanya kunyit, laos yang dapat menyehatkan kulit, tapi bawang putih yang sangat dijauhi orang karena mitosnya dapat menimbukan bau badan berlebih pada si pengkonsumsinya. Dan si bumbu dapur ini juga dapat menghilangkan noda jerawat.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa Thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat. Selain itu senyawa acilin yang bersifat antiseptik yang sangat ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat.

Cara meraciknya yaitu dengan menghaluskan bawang putih, disarankan media yang digunakan untunk menghaluskan harus steril. Setelah halus oleskan pada bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas air hangat, untuk hasil lebih optimal bisa menambahkan cuka sari apel sebeum dioleskan ke wajah.

 

source by hellosehat.com

5. Pepaya

Daun pepaya dikenal sebagai penyembuh demam pada anak maupun dewasa. Berbeda pula dengan pepaya yang mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati dan antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat sekaligus dapat memudarkan bekas jerawat.

Caranya dengan memotong beberapa bagian pepaya dan haluskan. Pepaya yang telah dihaluskan akan digunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama ±15 menit. Pada pembilasan wajah tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan karena saat pepaya halus yang dioleskan ke wajah tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan kemerahan pada kulit sang pemakai.

Efek yang dihasilkan oleh buah pepaya ini sangat kuat hingga terdapat beberapa pengusaha yang menjadikan pepaya sebagai ladang bisnis mereka. Produk yang telah dipercaya dan banyak digunakan masyarakat ialah sabun muka dengan bahandasar buah pepaya.

 

Picture Source by she.id

6. Scrub Gula

Gula sangat digemari anak-anak, terlebih jika gula tersebut diolah menjadi sebuah permen kapas, ataupun permen tarik. Selain itu gula juga sering dijadikan bahan dasar makanan penutup (Dessert) seperti Cake, puding, dll. Namun tahukah kalian jika gula bukan hanya dijadikan sebagai bahan dasar makanan namun bisa dijadikan sebagai mempercantik wajah. Namun tidak semua gula dapat dijadikan sebagai Srub. Hanya gula murni yang dapat dijadikan scrub.

Kandungan Gula murni adalah salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengikis sel kulit mati, terutama pada noda bekas jerawat. Cara membuat scrub gula pada wajah yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dengan satu sendok teh minya zaitu. Oleskan pada wajah dan pijat ±5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat untuk membersihkan.

 

sumber : http://familinia.com/cara-menghilangkan-bekas-jerawat/

IMK






Comments are Closed