MISTERIUS ,PULUHAN POHON KELAPA DI KEDIRI MATI

Beginilah kondisi pohon kelapa di Dusun Calonan, Desa Purwodadi, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri yang rusak berat akibat serangan hama wawung. Hama kumbang kelapa ini menyerang pohon sejak masih usia satu hingga pohon tua  hama memakan bagian jalur kelapa hingga busuk.

Sukadi  yang merupakan  seorang petani di dusun canon yang memiliki banyak pohon kelapa  . Sebanyak 40 kelapanya hancur terserang hama wawung, hama kumbang. Hama sendiri sudah tumbuh sejak tiga tahun terakhir, tetapi petani tidak sanggup mengatasinya. Berbagai cara penanganan sudah dilakukan seperti pemberian pestisida  tetapi gagal . Para petanipnu kehabisan cara untuk melakukan cara lain.

Hama wawung sungguh meresahkan para petani, karena tidak hanya merusak bagian janur. Hama ini juga menghancurkan batang pohon kelapa yang sudah rusak  karena tidak dapat di manfaatkan lagi dari daun hingga akar pohon. Namun pupuslah harapan petani mendapatkan rupiah dari pohon kelapa. Untuk harga pohon kelapa yang masih bagus dapat dijual sebagai kerangka rumah dan aneka kerajinan tangan.

Namun diketahui  dusun canonan terletak di tepi Sungai Brantas. Dahulu kebun disini dipenuhi pohon kelapa, tetapi  untuk sekarang banyak terlihat batang kelapa tanpa daun dan buahnya atau batang yang sudah mati dan lapuk akibat serangan hama wawung. Masyarakat berharap pemerintah bisa turun tangan mengatasi persoalan ini.






Comments are Closed