WARGA TEMUKAN UANG SAAT GALI PONDASI RUMAH

Warga Sidoarjo  dikejutkan dengan penemuan uang keping cina kuno, uang ini ditemukan warga saat menggali pondasi rumah sedalam satu meter. Warga pun terkejut melihat uang yang terdapat huruf cina. Atas temuan ini. Warga kemudian menghubungi kepolisian setempat dan dinas pariwisata kabupaten Sidoarjo.

Uang keping cina kuno ini ditemukan pertama kali oleh Epin Sujadi warga Dusun Beciro Desa Jumput Rejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo saat dirinya menggali tanah untuk dijadikan pondasi rumah.

Saat menggali pondasi rumah dengan kedalaman satu meter terdapat kantong yang berisi tumpukan logam yang kondisinya terkikis oleh tanah. Setelah diamati ternyata uang keping yang terdapat lubang di tengah dan terdapat tulisan cina.

Menurut Epin , dia tidak tahu asal-usul uang tersebut, karena rumah yang dtempatinya didapat turun temurun dari generasi kelima. Kemungkinan uang itu disimpan oleh nenek moyangnya puluhan tahun lalu.

Bahkan dirinya pernah menggali pondasi di belakang rumah dan menemukan guci kuno dan akhirnya dibeli oleh seseorang dengan harga 1,5 Juta rupiah.

Setelah mendengar adanya penemuan uang keping cina kuno ini warga sekitar berdatangan ingin melihat. Warga kemudian menghubungi kepolisian sektor setempat untuk memastikan kebardaan atas temuan tersebut. Setelah itu anggota kepolisian menghubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Sidoarjo untuk memastikan temuan tersebut ditangani oleh orang yang tepat.

Menurut catatan sejarah pada abad ke-14 keberadaan uang cina kuno ini dibawa oleh para pedagang cina yang menetap di pulau jawa pada masa kerajaan majapahit. Para pedagang cina ini banyak yang terbunuh pada saat kerajaan majapahit terjadi peperangan.

 

SIDOARJO-ROGHIB AL ANSHORI






Comments are Closed