Perkutut Penghasil Berlian

Memiliki hobi memelihara burung perkutut memang sudah menjadi kebiasaan kaum adam pada umumnya. Namun apa jadinya jika hobi tersebut dapat dijadikan ladang bisnis bagi sang pemilik.

Hal ini yang dilakukan H. Halidi di depan teras rumahnya. Berawal dari hobi memelihara burung perkutut , pedagang kayu asal pasuruan Jawa Timur ini  mampu menelorkan anak perkutut berkelas. Budidaya perkutut ini berbeda dengan yang lain, karena kualitas  bunyi burung lebih lama dan harganya juga lebih tinggi. Burung pekutut dijual dengan harga Rp 500,000. Dengan begitu Halidi beralih profesi dari pedagang kayu menjadi peternak perkutut.

Dihalaman rumah yang ada di Jalan Imam Bonjol Kota Pasuruan inilah pria tersebut menghabiskan waktunya beternak perkutut berkelas dengan dibantu 1 orang. Bapak 5 lima anak ini merawat perkututnya yang berjumlah sekitar 1000 ekor lebih.

Namun tak sembarang perkutut yang diternaknya, perkutut yang digunakan ialah perkutut import. Perawatannya terbilang mudah. Setiap hari dimandikan menggunakan sampo biasa, kemudian dibilas hingga bersih. Selanjutnya perkutut ini dijemur karena burung perkutut ini adalah burung yang tahan panas.

Karena jika  dijemur hingga terkena terik matahari secara langsung,  bunyi perkututnya  akan lebih lama dan berirama .Untuk pakannya perkutut ini hanya diberi pellet, ketan hitam, dan padin. Namun ada resep tangguh lainnya agar suara perkutut keluar lebih lama. Yakni diberi jamu khusus berupa pil yang diberikan sekali dalam seminggu.

Uniknya anakan perkutut ini tak dipelihara oleh indukan perkutut mulai bayi hingga dewasa. anak perkutut ini dipelihara oleh burung kuter. Indukan perkutut hanya bisa beranak tapi tidak bisa merawat bayinya.

Hasil dari peliharaannya, seluruh perkutut berbunyi panjang dan berirama tak ayal harganya pun juga selangit. Perkutut berbunyi pendek hanya dijual berkisar 1 juta hingga 10 juta rupiah. Namun untuk burung perkutut berirama bergoyang dijual seharga 500 juta rupiah.

 

Pasuruan -Zia Ulhaq

 






Comments are Closed