Antusiasme Haji Cilik Madrasah Jombang

Panas terik matahari tak memadamkan semangat anak Madrasah Jombang Jawa Timur. Mereka melakukan serangkaian manasik Haji dengan tertib. Kain putih ihram yang  dipakai semakin menambah suasana khusyuk. Simulasi  dilakukan oleh pihak madrasah sebagai bekal pengetahuan saat melakukan ibadah haji. Karena sebuah pembelajaran yang hanya menggunakan teori memang tidak akan maksimal. Sehingga kepala Madrasah dan guru sepakat untuk mengadakan simulasi manasik sebagai bahan ajar. Dengan bimbingan seorang guru para calon jemaah cilik mengikuti Instruksi yang diberikan.

“ Ucapkanlah lebih keras, ayo semua Bismillahi Allahu Akbar”, kata sang guru dengan lantang menggengam pengeras suara. Di akhiri dengan berkeliling Ka’bah selama tujuh kali lengkap dengan Hijir Ismail yaitu sebelah utara Batu Hitam Ka’bah yang berbentuk setengah lingkaran dan di yakini Ummat Muslim sebagai tempat suci, serta Maqom  atau makam Nabi Ibrahim sallallahualaihi wasallam.

Usai melaksanakan thawaf tujuh kali keliling ka’bah peserta latihan manasik haji  melanjutkan ibadah sa’i dengan berlari lari kecil diawali dari bukit shofa menuju marwa. Sa’i dilakukan sebagai rasa cinta pengorbanan Hajar sebagai ibu yang mencari air untuk Nabi Ismail Sallallah hualaihiwasallam.  Setelah Sa’i selesai barulah Tahallul dengan cara mencukur 3 helai rambut dan selesailah rangkaian ibadah haji.

Para peserta sangat antusias dan senang mengikuti latihan manasik sebab pelaksanaan latihan disesuaikan dengan kondisi di arab saudi, meskipun hanya berupa simulasi peserta berharap suatu saat benar-benar bisa menunaikan ibadah haji. Mereka berharap bisa menunaikan ibadah haji meski harus mengantre lebih lama.

Sejatinya Ibadah Haji merupakan salah satu rukun wajib islam yang boleh dilakukan jika mampu. Sedangkan bagi masyarakat yang belum tercukupi kebutuhan hidupnya tidak diwajibkan dalam Islam

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Haji

https://id.wikipedia.org/wiki/Haji#Tawaf_and_sa.27i

 



« (Previous News)



Comments are Closed