Gizi Dan Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan Tubuh

Gizi Dan Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan TubuhSurabaya – Okra, nama lain dari Lady Finger merupakan tanaman Genus Hibicus atau jenis kapas-kapasan. Tanaman yang berasal dari Benua Afrika ini dibawa ke Benua Amerika sekitar 3 abad yang lalu.

Jenis tumbuhan sayur ini juga sudah dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Jepang, India, Philipina, Sri Langka, dan beberapa negara di Benua Eropa dan Amerika. Namun untuk di Indonesia sendiri, tumbuhan ini belum banyak dikenal.

Salah satu warga Kertajaya, Surabaya, Teguh Rianto, memperkenalkan sayur okra sebagai sayur yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol, gula darah, diabetes, memperbaiki pencernaan yang terganggu, menangkal radikal bebas, anti toxic, menjaga kesehatan kulit dan mata, dan yang paling baik untuk wanita hamil, karena mengandung asam folat yang tinggi. Tiap 100 gram okra segar terkandung sumber folat sekitar 22%, serta beragam kandungan vitamin A, C, E, dan K.

Karena memiliki banyak kandungan gizi, Teguh memilih untuk membudidayakan sayur okra di Batu Malang. Selain itu ia juga mengelola sayur okra untuk dijadikan hidangan. Salah satu yang paling mudah untuk mengonsumsi okra juga bisa dengan cara di jadikan jus okra.

Cara membuatnya juga cukup mudah, siapkan 6 buah okra ang telah di cuci bersih. Setelah itu potong kedua ujung okra sebelum di masukan ke blender. Setelah itu campurkan 600 ml air, lanjut di mixer hingga halus. Jika sudah terlihat tercampur rata, saring jus okra sambil diaduk-aduk dengan sendok agar lendir dari okra bisa tersaring, setelah di saring jus okra siap dikonsumsi. Apabila ingin menambahkan rasa, anda bisa mencampur dengan buah lain sepert jeruk, ataupun sirup manis.

Hanya Rp 6.000 saja perbungkus, anda sudah mendapatkan 600 gram okra dari perkebunan SIF Argo milik Teguh. Bagaimana? sangat menarik bukan? memilih hidup sehat dengan cara mudah dan murah.-Maya Ayu






Comments are Closed