Tri Risma Harini Sosok Kartini Dalam Goresan Lukisan

Tri Risma Harini Sosok Kartini Dalam Goresan Lukisan (2)Surabaya – Masih dalam rangka memperingati hari Kartini, perhatian publik tak lepas dari sosok Wali Kota Tri Rismaharini. Perempuan yang dua periode menahkodai pemerintahan kota Surabaya ini dikenal sebagai pemimpin yang berani dan pekerja keras. Semangat Risma inilah yang kemudian menginspirasi seorang pelukis muda asal Krian Sidoarjo bernama Ganda Gardian untuk menuangkan sosok Risma dalam sebuah kanvas. 

Melalui goresan cat minyaknya, seniman muda ini ingin menggambarkan Risma sebagai Kartini masa kini. Risma digambarkan sebagai pemimpin berani, pekerja keras dan penuh semangat. Hal ini terlihat dari tangan Risma yang keras mengepal, namun wajahnya  tetap teduh dan sejuk layaknya kodrat seorang ibu.

Lukisan ini kini dipamerkan di  sebuah hotel di Surabaya, bersama dengan karya tiga seniman lukis lainnya. Sebanyak 20 lukisan terbaik mereka dipamerkan khusus untuk memperingati hari Kartini selama satu bulan penuh. Pameran lukisan dari berbagai aliran ini sebagai perwujudan rasa terima kasih dan apresiasi para pelukis pria akan emansipasi yang telah dilakukan para wanita. Tema lukisan ini pun kebanyakan mengangkat keelokan seorang ibu yang penuh cinta dan kasih sayang.

Pada pameran lukisan ini, para seniman juga melakukan demo melukis di tempat pameran yang berlangusng mulai 19 April hingga 18 Mei ini diharapkan bisa memberi motivasi pada seniman lukis lainnya agar terus berkrya dan menciptakan karya seni yang bermutu.-Natalia






Comments are Closed