Napak Tilas Tugu Pahlawan Surabaya

SMPN 2 SURABAYA – Nama lain dari Kota Surabaya adalah Kota Pahlawan, Kota ini sangat identik dengan kepahlawanannya. maka dari itu, Monumen Tugu Pahlawan adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Monumen ini berada di Jalan Pahlawan, berdekatan dengan kantor Gubernur Jawa Timur.

Di bagian dalam pintu masuk monumen ini, kita dapat menemukan patung Soekarno – Hatta. Dan pada Bagian belakang patung ini terdapat pilar sisa gedung Raad Van Justitie pada zaman Belanda yang digunakan sebagai markas kenpeitai atau polisi militer pada masa kependudukan bala tentara Jepang.

Selain itu kita juga dapat melihat Monumen Tugu Pahlawan yang tingginya mencapai 41,15 meter. Awalnya tinggi Monumen ini 45 meter, namun karena salah perhitungan, maka tinggi monumen ini menjadi 45 yard atau 41,15 meter.

Kita dapat memasuki Museum 10 November yang terletak dibelakang monumen, museum ini didirikan pada tahun 1992 dan didirikan oleh Pemerintah Kota Surabaya ketika itu. Untuk memasuki museum ini,  kita hanya perlu membayar 5.000 rupiah saja per orang, bahkan kita juga dapat meminta pemandu yang ada disana untuk memandu kita saat berada di dalam.

Museum ini menyimpan berbagai macam barang rampasan arek-arek Suroboyo dari serdadu-serdadu Inggris, Jepang, maupun Belanda yang digunakan untuk melawan penjajah. Tidak hanya itu saja koleksi yang dimiliki Museum ini, disini juga terdapat sosiodiorama Bung Tomo, dan teater mengenai sejarah 10 November.

Disini kita dapat mengambil informasi sebanyak-banyaknya mengenai perjuangan para pahlawan di Museum 10 November, seperti gambar-gambar, sejarah, dan masih banyak lagi benda-benda yang ada di museum ini yang membuat kita lebih menghargai jasa para pahlawan bangsa kita dan lebih bangga menjadi Arek Suroboyo. ~Zhaf

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan



(Next News) »



Comments are Closed